Minggu, 06 Maret 2016

karakteristik Pantai Papuma

Pantai papuma

Deskripsi        :      Nama Papuma sendiri terbentuk sebagai akronim dari Pasir Putih dan Malikan. Kata “Tanjung” ditambahkan di depannya, untuk menggambarkan posisi pantai yang menjorok ke laut arah barat daya dari wilayah itu.
Koordinat      : 113,549667 ° BT; 8,430833°LS

Lokasi          :  Pantai Tanjung Papuma terletak di sebelah selatan Kota Jember, salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang berada di jalur Bromo, Ijen, dan Bali. Pantai Tanjung Papuma berada di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember
Morfologi       : Pantai tanjung Papuma  memiliki bentuk garis pantai berteluk dengan morfologi perbukitan curam dan terjal sebagian berselingan dengan pantai landai.  Pantai ini disusun oleh batuan berumur Tersier dan Kuarter berupa lava andesit, breksi, dan batugamping.
 Litologi  :penyusun pantai terdiri atas pasir halus hingga kasar, mengandung besi dan felspar. Sebagian disusun oleh pasir putih yang mengandung pecahan cangkang kerang. Pantai Tanjung Papuma juga memiliki litologi batuan dasar berumur Tersier berselingan dengan pasir tersingkap (  Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi, Vol. 2 No. 2 Agustus 2011: 141 – 152)

Pasang Surut :   tipe pasang surut di pantai papuma adalah campuran condong ke harian ganda . tipe pasang surt ini memiliki karakteristik dalam satu hari terjadi dua kali air pasang dan dua kali air surut tetapi tinggi periodena berbeda

Akses       : pantai papuma terletak 45 km dari  pusat kota Jember. Apabila berangkat dari Surabaya dengan transportasi umum maka dari Surabaya menuju jember dengan bis, dari tawang alun menuju terminal ajung dengan angkot. Dari ajung menuju ambulu dengan angkot juga. Dari ambulu tidak terdapat kendaraan umum menuju pantai papuma sehingga perlu kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk mengakses kesana.



2 komentar:

  1. Jember cukup terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan salah satunya adalah pantai payangan. Pantai ini masih asri karena belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, selain view pantainya yang indah tidak lengkap kalau tidak mendaki bukit yang berada di sekitar pantai ini, untuk menikmati keindahan alamnya yang mempesona.

    Travel Malang Jember

    BalasHapus
  2. Beberapa waktu lalu kesini dengan rombongan Travel Surabaya Jember. Pantai ini bisa jadi alternatif destinasi setelah berkunjung ke Pantai Papuma atau Pantai Watu Ulo karena letaknya berdekatan. Tips buat yang baru pertama kali kesini, jangan buru2 parkir klo ga mau jalan jauh. Pilih parkiran yang paling ujung, lurus aja dulu sampai keliatan deretan rumah makan dan bukit hijau yang nantinya bakal kalian daki buat liat view pantai dan lautan luas dari atas.

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak