Senin, 17 Februari 2014

Profil Kawasan Peruntukan Industri Kecamatan Driyorejo, Gresik

KecamatanDriyorejo terletak pada bagian selatan Kabupaten Gresik.Secara geografis wilayah KecamatanDriyorejo terletak antara 1120 – 1130 Bujur Timar dan 70 – 80 Lintang Selatan. Wilayah   KecamatanDriyorejo   memiliki   luas   5.130   Ha,   terdiri   dari   16 desa/kelurahan, 47 dusun, 98 RW, 380 RT. Batas administrasi KecamatanDriyorejo adalah sebagai   berikut  (Badan   Perencanaan   Penelitian   dan   Pengembangan  Daerah  Kabupaten Gresik, 2007).

·         Sebelah Utara          :   Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya
·         Sebelah Timur          :   Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya
·         Sebelah Selatan        :   Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo
·         Sebelah Barat           :   Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik
Rata-rata petumbuhan penduduk selama lima tahun terakhir di KecamatanDriyorejo sebesar 8,8 %. Jenis mata pencaharian penduduk di KecamatanDriyorejo terdiri dari petani, pegawai negeri, buruh/karyawan, perdagangan, TNI, jasa dan lain sebagainya, dimana pada tahun   2008   didominasi   oleh   penduduk   yang   bekerja   di   sektor   industri   sebesar   64,63% (KecamatanDriyorejo dalam Angka tahun 2008)
Topografi di KecamatanDriyorejo berkisar antara 6,25-50 meter di atas permukaan laut.  Dari   segi   topografi  KecamatanDriyorejo   sesuai   untuk   pengembangan   perkotaan mengingat   topografinya   berada   pada   daerah   dataran   rendah.
Infrastruktur teknis jalan raya, jalan kereta api, listrik, PDAM, telepon, drainase, dan refuse plan. Sarana prasarana transportasi dan infrastruktur lainnya di KecamatanDriyorejo telah mendukung kegiatan perindustrian.Jaringan listrik telah menjangkau hampir seluruh Kecamatan dengan menggunakan jasa perusahaan listrik.Ketersediaan sumber air bersih dari PDAM, sumur gali atau sumur pompa di KecamatanDriyorejo dapat memenuhi kebutuhan air bersih industri.Jaringan telekomunikasi telah menjangkau di seluruh Kecamatan baik melalui telepon kabel maupun nirkabel.Begitu pula dengan jaringan drainase dan sistem persampahan.

Infrastruktur tersebut telah mampu mendukung kegiatan industri di KecamatanDriyorejo, sedangkan pengolahan limbah masih ada industri yang belum memiliki pengolahan limbah, sehingga limbah industri langsung dibuang ke Kali Tengah. Infrastruktur lain yang juga memiliki pengaruh bagi keberadaan industri yaitu saluran drainase. Saluran drainase berupa saluran terbuka dengan kondisi permanen dan non permanen.Kondisi saluran drainase di sebagain besar wilayah di Driyorejo masih belum optimal dan tidak semua ruas jalan dilengkapi oleh saluran tersebut, sehingga mengakibatkan banyaknya ruas jalan yang rusak berat akibat air hujan menggenangi jalan yang belum dilengkapi oleh saluran tersebut.

Download laporan hasil survey
Download Driyorejo dalam angka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak